Total Tayangan Halaman

Sabtu, 02 Februari 2013

Wawancara Bareng Hantu Lokal



5. My Stupid Diary

Kota Yogyakarta tak terlepas dari hal-hal yang berbau mistis atau pun gaib. Nah kali ini ada satu cerita yang pengen gue telusuri dibagian pergaiban di kota Yogyakarta. Gue pernah denger ada seseorang mahasiswi universitas terkenal di Yogyakarta yang meninggal akibat bunuh diri karena judul skripsi yang dia buat selalu saja ditolak oleh dosen, gue ga ngerti juga, mungkin karena stress dia langsung terjun dari lantai empat gedung kampus sampai akhirnya dia jatoh ke bawah dan kepalanya pecah kemudian menjadi hantu gentayangan yang hantunya dijuluki “Hantu mahasiswa abadi”. Tapi gue ga bakalan percaya begitu aja dengan ringkasan yang pernah gue baca di salah satu blogspot yang menerangkan tentang kematian mahasiswa itu, maka dari itu gue mencoba untuk bisa mewawancarai hantu mahasiswa abadi itu yang konon masih berkeliaran di daerah kampus.
Hari itu dengan rasa berani sekaligus penasaran gue pun berangkat dari Bandung ke Yogyakarta dengan menggunakan kereta api, kebetulan duit gue pas-pasan jadi aja gue naek kereta api, ya lumayan lah agak murah soalnya tarif Bandung-Yogyakarta cuman dua puluh lima ribu saja. Sebelumnya susah juga buat gue nyari keberadaan hantu mahasiswi abadi itu dan apa dia mau diwawancarai sama gue atau engga tapi secara ga sengaja gue menemuin  facebook-nya, saat itu pula gw add kemudian setelah di­-confrim gue langsung dah chat ke dia untuk bisa mewawancarainya. Oh iya sebelumnya gue kasih tau nama facebook-nya adalah ratih yangselalubahagiameskipunsudahtiada, namanya sungguh mencerminkan kehidupannya sekarang. Lama gue chating bareng dia akhirnya dia mau gue wawancarai dan menyuruh gue untuk datang kekampusnya pada malam minggu saja dan jangan malam lain. Gue sempet bingung juga nih hantu kok pengen ketemunya malam minggu ntar gue dikira nge-date lagi kalo dilihat ma hantu-hantu lokal lainnya.
Akhirnya sampai juga gue di Yogyakarta, seharian gue duduk di atas kursi rasanya pantat gue tuh jadi tepos kaya roti yang kegencet meja, sakit bener. Saat itu waktu pun menunjukan pukul 10 malam dan tak lama gue pun langsung pergi ke kampus tersebut untuk bisa mewawancarai hantu mahasiswi abadi itu. keadaan di kampus saat itu terasa mencekram dan terlihat kabut dimana” saat itu pun gue langsung pergi ke fakultas yang mana udah di janjiin ma tuh hantu. Ketika gue sampai, gue pun langsung disambut dengan wanita berbaju putih dan di atas dahinya ada darah yang keluar.
Hantu mahasiswa abadi: “Hallo, kamu yang mau wawancara itu kan”.
Gue: “Waduuhh kamu sudah ada disini dari tadi?”.
Hantu mahasiswa abadi: “Iya donk, kan aku mau diwawancara, jadi aku harus siap sebelum waktu”.
Gue: “Kamu benar-benar hantu yang taat akan waktu ya”.
Hantu mahasiswa abadi: “Pastinya donk booo, aku nih udah ke salon tadi medicure, pedicure gitu, rambut aku juga tadi direbonding dulu biar cantik”.
Gue: “Hmmmmm pantas kamu terlihat sangat cantik hari ini, tapi ngomong-ngomong badanmu kok agak langsingan ya, beda dengan di foto facebook”.
Hantu mahasiswa abadi: “Oh itu waktu aku masih hidup dan porsi makanku banyak jadi badan saya melar seperti itu, tapi semenjak mati dan masuk ke dunia lain saya menjaga makanan saya, bahkan sekarang saya menjadi Vegetarian, lihat badan saya ramping kan sekarang”.
Gue: “Hmmmmmmm, Memang terlihat sangat berbeda sekali. Okeh sekarang saya akan mulai wawancaranya, apakah sudah siap untuk saya wawancarai mbak hantunya?”.
Hantu mahasiswa abadi: “Tunggu dulu, jangan panggil saya mbak donk, panggil saja saya mis, okeh”.
Gue: “Oke lah kalo begitu mis hantu”.
Hantu mahasiswa abadi: “Nah begitu lebih baik mas”.
Gue: “Baik lah kita mulai sekarang”.
Hantu mahasiswa abadi: “Beuh banyak introduction si mas nih, ayo cepetan kalo mau wawancara”.
Gue: “Hehehe, okeh okeh. Pertanyaan pertama, menurut desas desus di media cetak, televise dan internet bahwa mis hantu katanya bunuh diri dari lantai empat gedung universitas ini?”.
Hantu mahasiswa abadi: “Waduh, waduh, waduh rempong deh ya media masa jaman sekarang, ga cuman manusia ajah yang digosipin, kok mahluk kaya saya ajah sampai digosipin. Nih mas itu salah besar kalo saya bunuh diri, saya nih ga pernah bunuh diri, dosa itu mas”.
Gue: “Lantas mis hantunya mati karena apa?”.
Hantu mahasiswa abadi: “Saya loncat mas dari atas”.
Gue: “Lah sama donk kaya bunuh diri kalo gituh”.
Hantu mahasiswa abadi: “Idiihh masnya nih sok tau ya, saya tuh loncat gara” di dorong mas ma temen saya, jahat banget emang tuh temen, pas saya lagi lari eh taunya maen dorong ajah, trus jatuh deh ke bawah, kepala saya agak remuk nih, mau lihat mas?”.
Gue: “Udah udah ga usah, saya percaya kok. Tapi saya baca di artikel katanya misnya jatuh gara-gara stress, soalnya judul skripsinya ga diterima terus sama dosen?”.
Hantu mahasiswa abadi: “Emang sih mas waktu itu saya sedih gara” judul skripsi saya ga diterima terus sama dosen, tapi saya ga lakuin bunuh diri kok mas”.
Gue: “Jadi memang benar mis hantunya sempet stress juga mikirin judul skripsi yang ga diterima” ma dosen itu”.
Hantu mahasiswa abadi: “Iya sempet mas, sempet emang mau bunuh diri juga, tapi difikir” saya kan bisa ikut tahun depan buat ngerjain skripsi”.
Gue: “Oh begitu rupanya”.
Hantu mahasiswa abadi: “Ya seperti itu lah mas”.
Gue: “Pertanyaan kedua, apakah mis hantu masih suka berkeliaran di kampus ini?”.
Hantu mahasiswa abadi: “Masih mas, saya kan berkeliaran disini buat nerusin skripsi saya mas bukan buat ngeganggu mahasiswa” lain”.
Gue: “Oh jadi meskipun sudah mati mis hantunya masih mengerjakan skripsi toh?”.
Hantu mahasiswa abadi: “Iya masih lah mas, saya kan ga mau terus-terusan jadi mahasiswa abadi disini, lagian ada kok temen saya yang masih ngerjain skripsi juga, namanya Icong, Gunde dan Uun”.
Gue: “Wadduuuhh ternyata ada juga ya perkuliahan hantu!!”.
Hantu mahasiswa abadi: “Idih masnya jangan salah, hantu-hantu sekarang tuh modern mas, ga mau kalah sama manusia-manusia. Oh iya biasanya jam segini mereka dateng nemuain aku loh mas”.
Gue: “Siapa yang bakalan dateng?”.
Hantu mahasiswa abadi: “Ya itu ketiga sahabatku yang lagi ngerjain skripsi juga lah mas”.
Wawancara bersama mis hantu mahasiswa abadi terasa sangat menyenangkan bagi gue, tak ada rasa takut yang gue rasa selama bertatap muka ma dia, meskipun gue ga bisa memungkiri bahwa wajahnya terlihat sangat jelek tapi dia keliatan ramah dan agak ngondek dikit. Selang lima belas menit kami wawancara munculah sesosok mahluk berpakaian putih seperti bungkus permen menghampiri mis hantu dengan berjalan loncat-loncat.
Pocong: “Heh jeng, kemana ajah sih yey, eke cari-cari yey di koridor kok ga ada”.
Hantu mahasiswa abadi: “Eh icong, aku tadi langsung keluar jeng beres perkuliahan”.
Pocong: “Jeng tuh orang siapa?”.
Hantu mahasiswa abadi: “Oh itu temen facebook aku”.
Hantu mahasiswa abadi: “Mas kenalin ini icong, mahasiswa tingkat akhir”.
Gue: “Oh iya salam kenal ya mas icong”.
Pocong: “Mas, yey jangan manggil eke mas, tapi panggil eke jeng icong, understand”.
Gue: “Oh iya-iya maaf ya jeng icong, kebetulan saya lagi mewawancarai mis hantu ini jeng”.
Pocong: “Iiihhhh wawancara….!!!! Eke juga mau dong masnya diwawancara”.
Gue: “Oh jeng icongnya mau juga diwawancara?”.
Pocong: “Mau donk mas, ih eke kan suka banget mah kalo diwawancara tuh”.
Gue: “Tapi sebentar ya jeng icong, saya mewawancarai mis hantu ini baru ke jeng icong”.
Pocong: “Iya deh mas tapi jangan lama-lama”.
Gue: “Iya sip jeng icong, ga nyangka bisa ketemu pocong ngondek ya”.
Gue: “Untuk mis hantu, Hhhmm apakah anda merasa senang dengan keadaan anda sekarang mis?”.
Hantu mahasiswa abadi: “Sebenernya sih senang ga senang mas, aku tuh senangnya karena ternyata didunia lain itu aku bisa ikut bimbingan skripsi, tapi ga senangnya kok wajah aku kusut seperti ini ya, kadang kalo aku berkeliaran keluar suka banyak yang takut ngeliat aku tuh padahal kan aku pengen dapetin cowok”.
Pocong: “Heh jeng, secara donk pasti manusia takut liat yey, yey kan udah jadi hantu mahasiswi abadi”.
Hantu mahasiswa abadi: “Tapi kan jeng eke setidaknya pengen bisa punya cowok kaya yang lain”.
Pocong: “Yey tuh kemarin sempet punya cowok tapi kenapa yey putusin sih”.
Hantu mahasiswa abadi: “Eh jeng aku ga mau kalo pacaran sama pocong ngesot, ga ngesot ajah jalannya lama gimna kalo ngesot, pasti tambah lama lagi”.
Gue: “Udah, udah kenapa malah debat. Sekarang saya pengen nanya sama jeng icong ya”.
Pocong: “Asiiikk diwawancara”.
Gue: “Apa benar jeng icong ini sedang meneruskan skripsinya sama seperti mis hantu”.
Pocong: “Bener banget mas, eke lagi nerusin skripsi eke. Dulu juga eke mati sama kaya si mis hantu itu, pas eke pulang dari bimbingan eh ternyata ada yang nusuk eke dari belakang, sakit banget rasanya”.
Gue: “Nusuk bagaimana emangnya jeng”.
Belum sempat si pocong menjawab tiba tiba dari belakang terdengar suara tertawa yang sangat khas dan ternyata itu si kuntilanak.
Kuntilanak: “Waduh, berisik banget disini, ada apa ini ga tau kalo aku lagi bingung nih mikirin judul skripsi”.
Pocong: “Eh jeng Uun, ini jeng ada wawancara bareng manusia disini”.
Kuntilanak: “Lah kok bisa dia wawancara bareng kita-kita”.
Gue: “Maaf mbak kunti memotong, saya awalnya mau wawancara mis hantu tapi ternyata jeng icong juga keluar”.
Kuntilanak: “Kamu tau dari mana kok bisa-bisanya ketemu sama si mis hantu”.
Gue: “Dari facebook mbak kunti”.
Kuntilanak: “Oh facebook ya.. Aduuuhh tunggu bentar, Cityville sama Farmville aku di facebook belum aku maenin, mana udah empat hari lagi”.
Gue: “Lah suka mau Cityville ma Farmville juga ya mbak kunti”.
Kuntilanak: “Iya donk, Cityvile aku tuh dah luas cuman klo Farmville aku masih awalan ajah”.
Gue: “Nanti kapan-kapan aku add facebook mba kuntinya ya biar bisa maen bareng”.
Kuntilanak: “Oh boleh juga tuh, add ajah ya nama facebook aku Uun si Kunti imut jelita”.
Pocong: “Add juga donk punya eke Icoong si bungkus permen manja”.
Gue: “Okeh siap,siap”.
Wawancara yang gue siapin sebelumnya buat hantu mahasiswa abadi malah jadi ribet, soalnya nih temen-temennya juga pada ikut datang, gue takutnya pilih kasih nantinya kalo cuman nanya ma si hantu mahasiswa abadi doank jadi kepaksa gue tanya mereka satu per satu dengan pertanyaan yang seadanya, sampai pada akhirnya teman si hantu mahasiswa abadi yang bernama gunde pun datang dengan tebirit-birit.
Hantu mahasiswa abadi: “Kamu kenapa gun?”.
Gunderewo: “Itu aku dikejar-kejar terus sama mantan aku itu”.
Hantu mahasiswa abadi: “Si suster keramas itu”.
Gunderewo: “Iya, males kali aku dikejar-kejar sama dia, rambutnya itu loh ternyata banyak kutunya meskipun sering keramas”.
Hantu mahasiswa abadi: “Walah, seperti itu rupanya”.
Gue: “Maaf memotong, kamu pasti mas gunde ya?”.
Gunderewo: “Iya, siapa kamu, kok tau nama aku”.
Pocong: “Dia manusia yang lagi wawancara kita nde”.
Gunderewo: “Oh gitu toh”.
Gue: “Mas gunde rambutnya ternyata rapih sekali, dulu saya fikir mahluk seperti mas gunde itu rambutnya keriting ikal”.
Gunderewoh: “Waduh mas, itu dulu, sekarang kita-kita nih sering ke salon buat ngeribonding rambut, jadi bisa rapih seperti ini, bagus kan mas”.
Gue: “Bagus sekali mas, anda telihat lebih casual sekarang ini meskipun tanpa baju”.
Gunderewoh: “Terima kasih tapi maksud kedatangan kamu kesini mau apa”.
Gue: “Ini maksud saya cuman pengen silaturahmi dan wawancara sama hantu mahasiswa abadi, eh taunya semua temannya termasuk mas gunde muncul juga”.
Gunderewoh: “Jadi masalah buat lo kalo kita-kita muncul gitu!!!!”.
Gue: “Oh justru tidak mas gunde, saya sebenarnya senang jadi bisa berbincang dengan kalian semua tanpa disengaja”.
Gue: “Boleh saya tanya dua pertanyaan kepada kalian semua”.
Serempak: “Boleh”.
Gue: “Pertanyaan pertama, alasan kalian untuk tetap tinggal dikampus ini apa?”.
Hantu mahasiswa abadi: “Kami rata-rata ingin melanjutkan pendidikan kami mas, skripsi kami pengen cepet selesai hingga kami nantinya dapet Ijazah resmi untuk bisa bergentayangan, bukan begitu teman-teman?”.
Kuntilanak: “Iya, bener tuh, tanpa ijazah itu kami sulit buat kemana-mana”
Gunderewo: “Hmmm bener tuh”.
Pocong: “Sama eke juga mas kaya gitu”.
Gue: “Oh jadi begitu ya, ijazah sangat berpengaruh bagi karir gentayangan anda.”.
Hantu mahasiswa abadi: “Sangat berpengaruh sekali lah mas”.
Gue: “lalu pertanyaan terakhir, apa alasan kalian untuk tetap tinggal di Kota Yogyakarta, jawab dengan jujur ya”.
Hantu mahasiswa abadi: “Saya suka sama candi Bororbudur mas, jadi itu alasan saya buat tetep tinggal di Yogyakarta”.
Kuntilanak: “Kalo saya lebih suka pantai Parangtritis mas, pantainya adem, enak banget deh mas, apa lagi kalo malem”.
Pocong: “Kalo eke sukanya candi Prambanan mas, sama kaya candi bororbudur”.
Gunderewoh: “Kalo saya lebih suka Malioboro, soalnya banyak bule-bule disana tuh, trus kalo malem ramai sekali”.
Pesan moral: setelah wawancara gue bareng tuh hantu ternyata banyak yang bisa gue ambil dan gue serap sebagai bahan pembelajaran.
1.     Buat para pembuat blogspot jangan bikin gossip tentang hantu, nantinya mereka malah kesinggung trus sakit hati, kasian kan.
2.    Ternyata pendidikan itu penting bagi kita yang masih hidup atau pun yang udah mati, cuman mungkin fungsi ijazahnya yang berbeda. Kalo orang mati buat gentayangan kalo orang hidup buat lamar kerja.
3.    Apa yang dimiliki oleh kota Yogyakarta harus kita syukuri, mahluk gaib ajah seneng bisa tinggal disana, soalnya kan banyak tempat wisata yang bener-bener ga kalah ama tempat lain, nah masa kita engga.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar